Posisi tidur Ibu Hamil yang Benar

Posisi tidur Ibu Hamil yang Benar

Posisi Tidur Ibu Hami

Image: Shutterstock

Pentingnya mengetahui Posisi tidur Ibu Hamil yang benar

Bagi Ibu Hamil, mungkin posisi tidur menjadi penting untuk diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan dan bahkan juga terkait dengan kesehatan anda. Jika sebelumnya anda bisa tidur nyaman dengan berbagai posisi, maka saat hamil, anda perlu memperhatikan posisi tidur  agar lebih nyaman dan tidak membahayakan untuk kesehatan anda dan juga bayi anda.

Sebenarnya, banyak alasan mengapa tidur anda kurang nyaman selama masa kehamilan, hal ini disebabkan berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh anda. Beberapa perubahan yang paling umum kita temukan diantaranya adalah: ukuran perut menjadi lebih besar, sakit punggung, mual, sesak nafas serta insomnia.

Mengetahui posisi tidur Ibu hamil merupakan bagian yang penting bagi anda. Terutama yang memasuki periode trimester pertama. Karena jika posisi tidur anda salah, maka hal tersebut bisa berdampak pada pernafasan serta berkurangnya pasokan darah serta nutrisi ke bayi anda. Bahkan, posisi tidur yang salah bisa menyebabkan mual dan muntah.

Posisi Tidur Ibu Hami yang Benar

Nah, pada bagian ini kami akan memberikan informasi tentang bagaimana posisi tidur Ibu Hamil yang benar, baik pada trimester pertama, trimester kedua dan selanjutnya.

Posisi tidur Ibu hamil pada trimester pertama

Tidur Miring (Sleeping on Side)

Posisi tidur Ibu hamil terbaik terutama pada trimester pertama adalah posisi miring (sleeping on site). Posisi tidur seperti ini diyakini bisa meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mencapai plasenta dan bayi anda.

Sleeping on the left Side

Jika sebelumnya dianjurkan tidur miring (SOS), maka pada bagian ini dianjurkan untuk miring ke sebelah kiri. Posisi ini sangat ideal sekali untuk memperlancar pasokan darah ke bayi anda.

Cushion Up

Agar tidur anda lebih nyaman, juga dianjurkan untuk menempatkan bantal dibawah perut anda, sehingga bisa membantu meringankan beban perut anda. Terutama pada masa kehamilan trimester pertama

Baca juga: Cara mengecilkan perut buncit pada pria & wanita

Posisi tidur Ibu hamil pada trimester kedua

Posisi tidur Ibu hamil pada trimester kedua ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan trimester pertama. Anda disarankan untuk tidur pada posisi miring ke kiri agar suplai darah dan nutrisi menjadi lancar. Namun, jika anda memiliki keluhan dengan posisi tidur seperti itu, anda bisa meletakan bantal diantara lutut anda. Perlakuan tambahan ini diyakini bisa menjaga tekanan dari otot otot disekitar pinggul anda.

Jika anda juga mengeluh sakit punggung, anda bisa mengantisipasinya dengan meletakan bantal dibawah perut anda. Memang kondisi tidur seperti ini terkesan sangat membosankan. Tapi anda tidak pilihan lain atas kondisi yang anda hadapi. Demi bayi yang anda tunggu tunggu sejak lama. Yakinlah, suatu saat nanti kondisi ini akan berakhir.

Posisi tidur Ibu hamil pada Trimester ketiga

Pada trimester ketiga ini, posisi tidur anda tetap dipertahankan miring ke kiri dengan alasan yang sudah kami sebutkan diatas. Namun, kami ingin menyarankan beberapa hal kepada anda agar tidur anda pada trimester ketiga menjadi lebih nyaman.

Berikut ini adalah beberapa saran kami

  • Pertahankan posisi tidur miring ke kiri
  • Jika anda memiliki anggaran yang cukup, cobalah untuk membeli bantal ibu hami yang saat ini banyak beredar dipasaran
  • Usahakan memakai pakaian longgar dan menghindari pakaian yang sempit
  • Anda tidak harus tidur dikasur, jika anda merasa lebih nyaman tidur disofa dengan posisi yang disyaratkan diatas, tentu saja anda boleh tidur diatas sofa.
  • Hindari mengkonsumsi makanan pedas pada saat mau tidur, karena makanan ini cenderung membuat kita menjadi mual
  • Sebelum tidur, berusahalah untuk santai, relaks tanpa dibebani pikiran pikiran yang membuat anda tertekan.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi yang dapat kami berikan melalui artikel ini terkait posisi tidur Ibu hamil yang benar dan baik untuk kesehatan bayi anda. Mudah mudahan dengan mengetahui informasi ini, bayi anda bisa lahir dalam keadaan sehat.

Satu hal yang perlu juga dipahami bahwa hamil merupakan ujian berat bagi para Ibu. Oleh karenanya dibutuhkan spirit yang lebih untuk bisa melewatinya dengan baik. Perlu dukungan dari orang orang terdekat seperti suami, orang tua ataupun teman teman anda.

Jika artikel tentang posisi tidur ibu hamil ini bermanfaat, tentu tidak ada salahnya anda bagikan kepada teman teman anda yang membutuhkan informasi ini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *