Cara mengusir Nyamuk secara Permanen

Cara mengusir Nyamuk secara Permanen

cara mengusir nyamuk

Cara mengusir nyamuk dari Rumah Anda

Cara mengusir Nyamuk – Nyamuk adalah musuh utama manusia, karena sering menganggu manusia dengan menghisap darahnya. Bahkan lebih parahnya, ada sebagian nyamuk yang menyebabkan penyakit, seperti demam berdarah, ataupun malaria. Dan penyakit ini merupakan salah satu penyebab tingginya angka kematian. Itulah mengapa nyamuk dikategorikan sebagai musuh utama manusia. Kondisi ini akan semakin buruk pada musim hujan, karena nyamuk akan lebih cepat berkembang biak karena banyak genangan air tempat nyamuk bertelur.

Untuk mengatasi masalah nyamuk ini, banyak sekali yang menggunakan obat nyamuk dengan bahan dasar kimiawi. Diantaranya dengan menggunakan fogging. Memang fogging bisa mengusir nyamuk, namaun jika tidak dilakukan dengan baik maka bisa menyebabkan resisten pada nyamuk. Selain itu, zat kimia yang terdapat pada fogging ini juga berdampak pada kesehatan manusia.

Selain fogging, obat nyamuk sintesis serta produk produk kimiawi lainnya yang biasa kita gunakan sehari hari juga mengandung pestisida (racun). Hal ini pernah dibuktikan dalam penelitian Indonesian Pharmaceutycal Watch (IPhW) pada tahun 2011. Lembaga ini menemukan kandungan senyawa kimiawi yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusa dalam seluruh obat anti nyamuk yang beredar dipasaran. Baik obat semprot, bakar maupun cair.

Akibat dari senyawa kimia tersebut menurut badan kesehatan dunia (WHO) akan berpotensi menyebabkan kanker, menghambat pertumbuhan organ, merusak kemampuan reproduksi, menghambat produksi ASI (bagi ibu yang menyusui) dan jika memakai obat nyamuk setiap harinya itu sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Misalnya jika tertelan akan menyebabkan mual, muntah dan akhirnya bisa menyebakan koma serta kematian. Selain itu,  juga banyak kerugian jika kita mengunakan obat nyamuk yang berbahan kimiawi.  Diantaranya: menimbulkan bau yang menyengat, terngganggunya kesehatan serta  biaya yang cukup besar.

Nah pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi sedikit informasi tentang bagaimana cara mengusir nyamuk dari rumah anda dengan menggunakan bahan alami yang sangat mudah dan praktis untuk dipraktekan. Kami berharap dengan mempraktekan salah satu ataupun beberapa cara mengusir nyamuk yang kami informasikan dibawah ini dapat membuat nyamuk dirumah anda berkurang atau bahkan hilang.

Cara mengusir nyamuk secara Alami

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda praktekan untuk mengusir nyamuk menggunakan bahan bahan alami. Menariknya, tanaman ini bisa anda dapatkan dengan sangat mudah dilingkungan tempat tinggal anda.

  1. Tanaman sereh/serai

Tanaman serai adalah tanaman dari suku rumput rumputan yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu masak. Menariknya, tanaman serai ini bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk, anda penasaran??

Kami akan tunjukan proses pembuatanya

  1. Ambillah beberapa batang serai yang masih segar
  2. Selanjutnya, potonglah batang serai menjadi bagian bagian yang lebih kecil
  3. Masukan potongan potongan serai tersebut ke dalam wadah yang sudah disediakan sebelumnya
  4. Letakan wadah yang berisi serai tadi disekitar anda. Baik dibawah tempat tidur, dibawah meja atau dimana anda beraktifitas.
  5. Dijamin nyamuk akan pergi dari rumah anda dan ruangan pun akan menjadi segar.

Selain cara diatas, anda juga bisa menggunakan minyak serai dengan cara disemprotkan, yaitu dengan mencampur minyak serai dengan air kemudian semprotkan ke seluruh ruangan, terutama tempat tempat yang tersembunyi.

2. Daun kemangi

Seperti tanaman serai tanaman kemangi juga bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masak dan ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk pengusir nyamuk, anda penasaran lagi??

Caranya sangat gampang:

1. Ambillah beberapa tangkai daun kemangi
2. Oleskanlah ke sekitar tubuh anda.
3. Nyamuk tidak akan berani mendekati anda. Selamat mencoba

Baca juga: Cara mengusir Tikus Paling Ampuh

3. Bawang putih

Nyamuk juga sangat takut dengan aroma bawang putih. Karena aroba bawang putih sangat menyengat. Hal ini disebakan oleh zat yang dikandung oleh bawah putih, yakni: zat allicin yang menimbulkan aroma yang sangat kuat. Disamping itu bawang putih juga mengandung zat nicotinic acid yang membuat nyamuk pergi.

Berikut ini adalah cara menggunakan bawang putih untuk mengusir nyamuk dari rumah anda

  1. Sediakan lalu Campurkan bawang putih sebanyak 500 gr dengai air 250 ml
  2. Langkah kedua diblender sampai bawang putihnya hancur
  3. Langkah ketiga bawang putih yang telah dilarutkan diletakkan di wadah kemdiah campurkan dengan minyak tanah 1 sendok makan
  4. Langkah keempat tunggu 24 jam
  5. Langkah kelima tambahkan sabun cair 1 sendok makan
  6. Langkah keenam dengan air dengan perbandingan 1:20
  7. Langkah ketujuh masukan dalam semprotan

Larutan mengusir nyamuk siap digunakan .

4. Bunga sukun

Ternyata bunga sukun juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman untuk mengusir nyamuk. Dan beberapa sumber mengatakan bahwa bunga sukun lebih tahan lama dibandingkan dengan obat nyamuk elektrik merek terkenal. Obat nyamuk pabrik paling lama bertahan 18 jam nonstop. Sementara bunga sukun efektif mengusir nyamuk sampai 48 jam.

Tetapi bunga sukun yang dimanfaatkan adalah bunga jantan, bahanya sangat murah dan mudah ditemukan dan cara pembuatanya juga sangat sederhana

Berikut cara menggunakan bunga sukun untuk mengusir nyamuk

  1. Sediakan Bunga jantan sukun yang sudah dikeringkan
  2. Selanjutnya tumbuk bunga sukun hingga halus berbentuk serbuk
  3. Serbuk bunga sukun diletakkan diatas tisu ,kertas dilipat hingga membungkus serbuk sampai berbentuk empat persegi panjang sebesar obat nyamuk elektrik yang biasa anda gunakan
  4. Basahi lipatan kertas tisu itu dengan beberapa millimeter air
  5. Pasang kertas tisu itu pada alat pembasmi nyamuk elektrik kemudian nyalakan

Dengan mempraktekan cara ini, nyamuk nyamuk yang ada dirumah anda akan pergi dari rumah anda karena tidak suka dengan aroba yang ditimbulkan oleh elektrik bunga sukun anda.

5. Daging dan kulit durian

Ternyata aroma buah durian yang khas dan menyengat dapat mengusir nyamuk. Hal ini sudah dibuktikan oleh mereka yang enggan menggunakan obat nyamuk kimiawi. Salah satu alasan mengapa buah durian bisa mengusir nyamuk adalah karena aroma menyengat yang ditimbulkannya. Buah durian memiliki bau yang menyengat karena didalam buah durian terdapat kandungan minyak atsiri dan alkohol.

Berikut ini adalah cara mengusir nyamuk menggunakan buah durian:

  1. Cincang kulit buah durian hingga menjadi potongan potongan kecil
  2. Timbang potongan kulit tersebut hingga 100 gram
  3. 100 gram kulit durian + daging durian 50 gram lalu dihaluskan dengan blender dengan menggunakan alkohol 70% sebanyak 25 mililiter dan air 100 mililiter sebagai pelarutnya
  4. Kemudian larutan diperas menggunakan kain ayakan
  5. Bekas obat nyamuk elektrik dicelupkam kedalam larutan itu selama 5 menit
  6. Angkat dan jemur selama 1 sampai 3 jam. Sekarang obat nyamuk dari buah durian siap digunakan

Beberapa tanaman lain yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk adalah:

Tanaman lavender

Tak perlu digunakan sebagai bahan dasar lotion menjadi pelembab kulit, cukup gosokan bunga ini ke tumbuh anda dijamin nyamuk tidak akan mau menempel ke tubuh anda

Tanaman Suren

Tanaman suren ini terbukti sangat ampuh mengusir nyamuk daun dan kulit kayunya sangat beraroma tajam selain nyamuk serangga lain juga sangat takut dengan tanaman suren ini sehinggga banyak petani memanfaatkan tanaman ini.

Tanaman selasih

Tanaman selasih ini dipercaya mengeluarkan aroma sangat tajam bagi serangga. Tanaman ini sangat cocok diletakan didalam rumah sehingga nyamuk nyamuk yang ada dirumah anda segera pergi dari rumah anda

Kesimpulan

Sekarang anda sudah tahu, tanaman apas saja yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk dari rumah anda. Cara mengusir nyamuk menggunakan tanaman ini selain terhindar dari bahaya zat kimiawi juga tergolong mudah dan praktis. Anda bisa menemukan tanaman tanaman ini dilingkungan anda dengan sangat mudah.

Perlu juga anda pahami bahwa, tulisan ini bukan berarti kami melarang anda untuk menggunakan obat nyamuk kimiawi. Semuanya dikembalikan kepada anda. Jika anda merasa menggunakan obat nyamuk kimiawi aman aman saja. Ya, lanjutkan. Namun, bagi anda yang cenderung menggunakan bahan bahan alamiah, maka beberapa cara mengusir nyamuk diatas adalah solusinya

Semoga bermanfaat dan jangan lupa berbagai dengan teman teman anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *